Kisah seseorang yang mengalami insomnia

Orang terdekatku mengalami insomnia/ gangguan tidur, sebelum aku ceritakan cara dia mengatasi insomnia aku gambarkan dulu tingkat keparahannya ya…. Jadi dia cewek yang baru saja lulus sarjana di salah satu universitas ternama, beberapa bulan setelah lulus belum ada tanda gejala insomnia bahkan tidurnya termasuk dalam tidur yang nyenyak karna jarang mimpi namun setelah satu tahun dia menjadi job seeker/ pelamar kerja dan tidak mendapatkan pekerjaan badannya mulai kurus, setiap malam dia mimpi buruk dan sering terbangun. 

Ketika pagi tiba dia malah tidur sebagai ganti tidur malamnya  selain itu dia lebih sering di kamar tidur karena ketika waktu ada matahari tidurnya lebih nyenyak di banding malam hari,  hal ini berlangsung cukup lama sampai muncul  lingkaran hitam di matanya. Salah satu harapan terbesarnya saat itu adalah bisa tidur malam dengan nyenyak.  Dia juga menceritakan pada saat itu dia mengalami fobia tidur malam karena ketika dia memejamkan mata belum sampai satu jam sudah mimpi buruk dan beberapa  kejadian tidak mengenakkan yang tidak bisa aku ceritakan. Hal itu di alaminya cukup lama sekitar 6 bulan bahkan lebih “ hidupku sudah kayak zombie” kata dia. 

Alhamdulillah dia mulai sadar kalau yang dia alami ini suatu masalah yang harus di hadapi bukan untuk di hindari.  Dia mulai mencari  beberapa content yang berisi tentang cara tidur yang baik dan benar serta cara mengatasi insomnia/ gangguan tidur mulai dari kata scientist 
sampai  kyai. Berikut  penjelasannya :

Ketika aku terbangun di malam hari biasanya aku memutar murotal di HP selang beberapa menit biasanya aku tertidur

Aku nemu adab sebelum tidur menurut agamaku di salah satu content yang isinya :  bersihkan kamar tidur menggunakan selembar kain sambil mengucapkan bismillah, jangan lupa berwudhu, baca kulhu falaq binnas terus di usapin ke selururh tubuh lalu baca doa mau tidur terus miring ke kiri.

Kadang ketika aku nggak bisa tidur padahal udah hampir larut malam, aku memutar  murotal lagi

Aku pernah juga download instrument music yang buat meditasi/ suara gemricik hujan kalau mau tidur baru aku putar, kadang belum selesai mutar music akunya udah tidur aja… lumayan lama tapi entah kenapa tidurku lebih enak.

Aku bawa tasbih di tempat tidur soalnya waktu kecil aku serig melihat di TV kalau nggak bisa tidur ngitung domba, tapi karna aku males ngebayangin domba jadi aku dzikir sebisaku. Awalnya sih nggak ngefek tapi lama kelamaan terbiasa dan tidurku lumayan membaik.

Aku mulai rajin ngerapiin kamar, soalnya dulu kamarku Subhanallah berantakan banget.

Aku pernah nyoba minum susu sebelum tidur tapi di  tubuhku nggak begitu ngefek sih selalin itu nambahin pengeluaran bulanan juga hehe
aku enggak pegang HP sebelum tidur 

Dulu aku baca tentang penelitian kalau ternyata kekurangan vitamin K bisa membuat orang stress dan secara tidak langsung mempengaruhi kualitas tidur juga. Buah pisang yang di pandang sebelah mata dan sering di anggap makanannya monyet ternyata mengandung banyak vitamin terutama vitamin K dan bisa juga di gunakan untuk mengatasi stress. Setelah baca itu aku bilang sama ibukku dan di belikanlah pisang… lumayan bikin tenang sih dan tidurku lebih enak karna itu  orang tuaku menanam pisang di sawah dan hampir setiap bulan kami panen pisang hanya untuk di makan sendiri.

Hal yang menurutku paling ngefek adalah  dzikir pagi petang jadi dalam agamaku dzikir pagi petang di anjurkan untuk melindungi diri dari sihir dan gangguan gangguan yang tidak di inginka ( tolong koreksi   kalau salah ). Aku merasa kalau beberapa kejadian yang aku alami beberapa di akibatkan oleh factor X yang nggak aku tahu jadi aku mulai ritun melakukannya.
Per tanggal ini tidurku lumayan nyenyak sih…enggak se nyenyak sebelum lulus kuliah …. tapi ya.. lumayan lah .. Alhamdulillah.

Aku survive dan ngelakuin beberapa yang aku sebutin tadi lumayan lama juga sih jadi nggak instan, aku juga enggak  minum obat tidur karena aku takut jadi ketagihan. Ini aja mata pandaku masih membekas…..haha, buat kenang kenangan biar nggak ngeluh mulu, di cabut nikmat tidur aja udah Subhanallah nggangu banget … Astagfirullah.

Jadi itu tadi cerita yang di sampaikan oleh orang terdekatku, Dia sekarang lebih ceria sih di banding beberapa tahun lalu. Tenang… aku sudah ijin kalau mau cerita kayak gini di blog jadi aman guys…kamu juga bisa membandingkan beberapa cara cara efektif mengatasi insomnia berdasarkan pendapat ilmuan

Semoga cerita ini bermanfaat ya guys dan semoga tidurmu tak bermimpi.

Ket :
Biru : orang terdekatku
Hitam : aku

Komentar

Postingan Populer