Perkembangan janin pada usia kehamilan 4 minggu


usia kehamilan 4 minggu















Pada periode awal kehamilan, sering kali ibu tidak merasa kalau sedang hamil padahal embrio sangat sensitive terhadap pengaruh bahaya seperti obat- obatan, polusi dan infeksi selain itu pada trimester pertama sering terjadi kerusakan  bawaan dan kehilangan kehamilan namun ibu jangan khawatir, sebenarnya tubuh kita sangat siap menerima kehamilan  salah satu buktinya yaitu adanya mukosa yang masuk ke dalam serviks untuk melindungi embrio dari infeksi.

Lapisan dinding Rahim menebal dan blastosit mulai menempel, hal ini terjadi di hari ke 23.Blastosit terbagi menjadi dua bagian : bagian yang luar berada di dalam dinding Rahim yang akan menjadi plasenta sementara bagian dalam terbagi menjadi dua yaitu  kantong kuning (yolk sac) dan embrio. Kantung kuning telur ini bertugas memberi nutrisi embrio di awal kehamilan sampai plasenta terbentuk.

Pada preiode ini ibu hamil di anjurkan untuk melakukan diet seimbang dengan makanan yang baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu konsumsi asam folat 2 bulan sebelum hamil sampai awal kehamilan membantu ibu hamil untuk mengurangi resiko terjadinya spina bifida (kelainan di daerah punggung)

 

 

Komentar

Postingan Populer