Manfaat madu

Madu mulai di lirik sebagai obat oleh para ilmuan di 10 tahun yang lalu, orang mesir terdahulu juga menggunakan madu sebahai obat. Aristoteles mengatakan bahwa madu bagus untuk mengobati sakit mata dan luka bakar bakhan para atlet minum madu yang di campurkan ke dalam air sebelum melakukan pertandingan. Beberapa obat resisten/ kebal terhadap penyakit tertentu, hal ini mengakibatkan bertambah parahnya suatu penyakit. Semakin ke sini para ilmuan mulai sering melakukan penelitian terhadap madu dan menemukan beberapa manfaat madu di antaranya :

1.mengobati penyakit infeksi

Meo dan teman sejawatnya mengatakan bahwa madu merupakan kunci dalam pengobatan modern, kualitas nutrisi dari madu dan efektifitasnya yang tinggi berpotensial melawan reactive oxygen species, peradangan, penyebab infeksi seperti bakteri dan jamur. Madu juga bisa di gunakan untuk mengurangi batuk dan luka bakar selain itu juga bisa di gunakan untuk memperbaiki system reproduksi seperti konsentrasi testosteron, jumlah sperma dan kesuburan.

2. antibakteri

Tahun 1982 pertama kali di laporkan kalau madu mempunyai antimokrobakteri dan yang paing terkenal melawan bakteri adalah madu manuka, madu ini mampu melawan 60 spesies bakteri yang terdiri dari gram positif dan gram negative. Bagian madu yang di prediksi mampu melawan bakteri adalah : enzim glukosa, enzim lisosim dan protein dalam madu.

3. anti virus

Bagian dari madu yang paling bagus untuk melawan virus adalah royal jelly (makanannya ratu) yang di teliti dapat melawan virus Herpes. Kandungan antiviral dalam royal jelly lebih banyak di bandingkan madu biasa, namun jangan salah pure clover dan madu manuka di teliti bisa di gunakan untuk melawan virus varicella zoster.

4. anti jamur

Banyak spesies jamur yang bisa membuat kita sakit, jamur yang paling sering di derita oleh banyak orang adalah jamur candida, kasus penyakit ini dari tahun ke tahun meningkat bahkan ada juga yang menyatakan beberapa pengobatan yang di lakukan tidak mengalami perubahan signifikan karena sudah resisten obat.  Madu yang berpotensi untuk melawan jamur ini adalah madu Jujube.

5. anti tumor dan anti oxidane

Beberapa penelitian mengatakan bahwa madu dapat di gunakan untuk mengobati penyakit kanker.

6. penyakit lainnya

Selain beberapa penyakit di atas, madu juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, mengurangi resiko kardiovaskular, batuk, panas, diabetes mellitus/ sakit gula, penyalahgunaan alcohol, kontipasi dan alergi.

Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa kunjungi jurnal ini Honey :  single food stuff comprises many drugs

Komentar

Postingan Populer